WOW! Ada Planet Yang Seperti Bumi

WOW! Ada Planet Yang Seperti Bumi. penasaran kan? | mereka telah menemui sebuah planet baru yang diliputi air.
Supernet

Beberapa penyelidik dari Pusat Harvard-Smithsonian bagi Astrofizik di Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka telah menemui sebuah planet baru yang diliputi air. “GJ1214b adalah sebuah planet diliputi air serta diselubungi atmosphere yang tebal dan beruap,” jelas Pusat itu dalam satu kenyataan pada saat selesai meneliti planet itu dengan Teleskop Angkasa Lepas Hubble (HST) milik Pentadbiran Aeronautik dan Angkasa Kebangsaan (NASA). 


 

“GJ1214b adalah sebuah planet baru dan sebagian besarnya terdiri dari air. “Seandainya seorang angkasawan mendarat di planet itu, dia akan mendarat di dalam air panas,” kata Zachary Berta, seorang ahli astronomi. Planet itu ditemui pada 2009 oleh Projek M Earth yang berpangkalan di bumi. 

Planet GJ1214b yang digambarkan sebagai ”super-Earth”, sebesar 2.7 kali diameter bumi dan beratnya hampir tujuh kalinya planet bumi. Kajian lanjut pada 2010 memberi petunjuk kepada ilmuwan untuk mengumpamakan sebagian besar planet GJ1214b (suhu sekitar 232 darjah Celsius) diliputi air. 

Andaikan itu disahkan oleh Berta dan penulis bersama yang menggunakan HST untuk mengkaji planet GJ1214b apabila melintasi di hadapan bintang. Cahaya bintang yang di saring melalui atmosfera planet itu, membuktikan campuran gas serta menyokong teori uap air. “Ukuran HST mempunyai keseimbangan atmosphere yang beruap,” kata Berta. Ukuran dan anggaran selanjutnya turut memberi petunjuk kepada ilmuawan bagi memutuskan bahwa planet GJ1214b mengandungi lebih banyak air dibanding bumi.

 

SUMBER PLANET

Komentar